Rabu, 23 Maret 2011

Catatan Tengah Malam

Selamat malam, Indonesia
Selamat malam, pencinta film_Indonesia,

Akhir pekan lalu, 19 Maret 2011 menandai suatu titik baru di akun @film_Indonesia. Akhirnya, setelah diusahakan dari beberapa lama dan memang sudah direncanakan dari awal, akun ini sudah bisa menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan #koleksiDVD yang berkualitas. Syukur alhamdulillah.

Kerjasama yang sudah berhasil dijalin saat ini adalah dengan pihak Jive! collection yang memang terkenal sebagai distributor DVD dengan koleksi terpilih. Akun ini sudah lama 'mengincar' untuk dapat bekerja sama dengan Jive! dengan menjadi salah satu gerai untuk memperoleh DVD film_Indonesia terpilih. Semoga kerjasama ini dapat menjadi langgeng.

Seorang teman pernah bertanya, kenapa akun ini pilih untuk menjadi gerai penyedia DVD, lebih baik fokus pada yang orang bilang sekarang sebagai influencer di social media. Satu sisi pendapat teman tersebut benar, margin untuk DVD bukan lah nilai yang langsung terlihat "wah" apabila dibandingkan dengan menjadi influencer. Namun saya melihat sisi lain dari keputusan untuk menjadi gerai #koleksiDVD ini!

1. Sebagai akun yang fokus membicarakan dan bertanya tentang film_Indonesia terpilih, rasanya cukup tepat pilihan untuk menyediakan juga film-film yang dibicarakan tersebut. Jadi keberadaan gerai maya ini adalah unsur yang memperkuat statement cintai film_Indonesia dulu, kini dan nanti. Ya, kini akun ini mempunyai gerai maya #koleksiDVD

2. Dulu saya pernah berkecimpung di dunia distribusi consumer goods, dimana segala yang berkaitan dengan brand, image, komunikasi di media, semua tidak ada artinya apabila barang tidak tersedia di pasar! nah, apa gunanya kalau kita membicarakan film-film berkualitas, tapi ternyata pencinta film_Indonesia yang ingin menonton film tersebut kesulitan untuk menonton film yang dimaksud. Jadi, ada komunikasi di timeline, ada barang di gerai maya!

3. Esensi distribusi adalah langkah memulainya. Sekali mulai, dan konsisten, disiplin dan fokus, insyaAllah lama kelamaan orang akan ingat kalau mau cari #koleksiDVD ke @film_Indonesia saja

4. Alasan pribadi, saya ingin punya koleksi semua film Indonesia berkualitas! jika saya bantu distribusikan, otomatis margin penjualan DVD itu bisa menutupi pengeluaran untuk hobi saya tersebut. Malah lebih banyak lagi benefit yang bisa didapatkan.

5. Pembelajaran pribadi saya adalah, saya ingin lebih teliti, disiplin, detail dan konsisten. Dan bisnis distribusi adalah tempat latihan yang tepat untuk itu! Ini bukan bisnis simsalabim langsung sukses, tapi perjalanan panjang yang dimulai dengan 1 langkah, dan jangan pernah berhenti. Saya melihat sendiri hal itu dari keberhasilan seorang distributor produk consumer goods di Medan, dimana saya beruntung bisa merasakan pengalaman beliau semasa memulai bisnis ini.

Bermula dari promosi #koleksiDVD 2 film tahun 2010: #3Hati2Dunia1Cinta dan #MingguPagiDiVictoriaPark saya berdoa, semoga akan sukses dalam jangka panjang. Amin.

Bismillahirrahmanirrahiiim....

@Hafiz_Husni
Editor in Chief @film_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Film Indonesia

Website Resmi OfficialfilmIndonesia.com