Selasa, 04 Januari 2011

KHALIFAH, Film Bertema Islami Pembuka Layar Bioskop di 2010




KHALIFAH: Sebuah Pengantar di 2011....


Tahun 2010,@film_indonesia mencatat 4 judul film yang cukup kuat mengusung tema religi/islami untuk tayang di bioskop Indonesia.

Dimulai dengan 'Di Bawah Langit'(Maret), debut sutradara Opick, dilanjutkan dengan 'Alangkah Lucunya Negeri Ini'(April) karya sutradara Deddy Mizwar yang mengangkat tema sindiran koruptor dengan perumpamaan pencopet cilik. Musim libur lebaran, naik layar film epic paling banyak dibicarakan di twitter 'Sang Pencerah' (Oktober), mengenai kisah KH Ahmad Dahlan, tokoh sejarah pendiri Muhammadiyah, yang sukses divisualisasikan ke layar lebar dibawah arahan @HanungBramantyo. Di penghujung tahun, hadir kisah cinta berbalut pesan islami dalam film debut Habiburrahman El Shirazy (Kang Abik) berjudul'Dalam Mihrab Cinta' (Desember) yang masih banyak ditonton memasuki pekan keduanya di layar bioskop sejak 23 Desember 2010.

Awal 2011, kembali hadir sebuah film yang kuat mengangkat tema islami yang sudah dikomunikasikan dari sekitar 2 bulan yang lalu berjudul 'Khalifah'. Akun twitter resmi untuk film ini adalah @khalifahfilm dengan website resmi www.khalifahfilm.com.

Khalifah, dalam bahasa Arab berarti seorang pemimpin. Dalam film yang disutradarai Nurman Hakim ini, sosok Khalifah adalah seorang perempuan yang tengah mencari jatidirinya diantara berbagai kondisi yang mempengaruhi hidupnya. Diperankan secara baik oleh Marsha Timothy yang memberi nyawa pada Khalifah dengan karakter kalem, tulus, namun tetap ada rasa gundah yang tampak nyata dalam setiap ekspresinya. Akan kah dia yakin dengan keputusan yang sudah diambilnya, mampukah ia mempertahankan keyakinannya untuk menggunakan jilbab sebagai penutup aurat sesuai penyampaian suaminya, bahkan lebih lanjut sampai menutup seluruh bagian tubuhnya dengan cadar, hingga mata saja yang tampak. Bagaimana reaksi orang-orang dan lingkungan sekitar Khalifah terhadap keputusan tersebut, itulah yang menjadi tema besar dalam film ini.





Islam Garis Keras!
Apa yang dimaksud dengan kumpulan kata 'islam garis keras'? Tentu akan banyak opini dan tanggapan akan istilah ini. Sebagian kecil dari luasnya pengertian 'islam garis keras' tersebut, dikarakterisasikan pada wujud Rosyid, sang suami, diperankan oleh Indra Herlambang. Suami Khalifah diceritakan sebagai suami yang taat beribadah, tegas menjalankan ajaran agama, namun sering meninggalkan Khalifah keluar kota untuk kepentingan pekerjaannya sebagai penjual barang-barang dari Arab.

Karakter lainnya yang hadir adalah Yoga, tetangga baru pasangan muda Khalifah-Rosyid. Diperankan oleh Ben Joshua. Profesinya sebagai seorang penjahit, dan tinggal di depan rumah Khalifah membuatnya cukup ada waktu berinteraksi dengan Khalifah sehingga menimbulkan rasa suka, meskipun tak secara terang-terangan terungkap dalam ucapan langsung.

Hadir pula sosok Titi Sjuman sebagai Fatimah yang yakin dengan pilihan hidupnya dalam balutan gamis dan cadar. Jajang C Noer sebagai tante Rita, pemilik salon tempat Khalifah bekerja juga hadir sebagai sosok yang bersahaja, tulus dan berbaik hati pada Khalifah. Nama lain yang hadir di jajaran casts adalah Yoga Pratama, sebagai adik Khalifah, dan Dion Wiyoko, anak pemilik kontrakan yang bermasalah.

Dari balik layar, nama sutradara Nurman Hakim, kembali berkolaborasi untuk kedua kalinya dengan Nan T Achnas, setelah sebelumnya mempertemukan kembali Nicholas Saputra & Dian Sastrowardoyo setelah sukses di AADC, dalam film '3 Doa 3 Cinta' (2009). Penata musik dipercayakan kepada Djaduk Ferianto.

Mampukah film 'Khalifah' menjadi salah satu film yang #berkesan di tahun 2011? Sudah mengadakan premiere di Epicentrum XXI tanggal 3 Januari 2011, film ini sudah dapat disaksikan mulai 6 Januari 2011 di bioskop kesayangan anda.(MHF)



Tweet us ur #testimoni #review #kritik
Just mention @film_indonesia at Twitterland...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cari Film Indonesia

Memuat...

Kami Kirimkan Posting Terbaru Melalui Email Anda:

Website Resmi OfficialfilmIndonesia.com