Senin, 20 September 2010

Film-Film September 2010, Bulan Box Office Tahun Ini?




Sepanjang Januari-Juli 2010, telah dirilis 51 judul film di bioskop Indonesia dengan rata-rata 5-9 judul film baru setiap bulannya. Khusus di bulan Agustus 2010, film Indonesia menorehkan satu catatan dalam perjalanan panjangnya. Tidak ada judul film baru yang tayang di layar bioskop!

Setelah vakum selama satu bulan, pecinta Film Indonesia langsung disuguhi 4 judul film baru pada 8 September 2010 dari berbagai macam genre. Sebut saja mulai dari genre komedi, drama musikal, film perang sampai genre biopic. Film-film yang digadangkan sebagai film libur lebaran ini dirilis tepat 2 hari sebelum Idul Fitri 1431 H. 'Sang Pencerah', 'Darah Garuda (Merah Putih II), 'Dawai 2 Asmara' dan 'Lihat Boleh Pegang Jangan'. 4 film dengan 4 karakter berbeda ini berebut hati penonton yang ingin merayakan 'kemenangan' setelah berpuasa 1 bulan Ramadhan, dan 'puasa' 1 bulan tanpa film Indonesia di layar bioskop. Moment yang paling ditunggu setiap tahunnya!

Dari tanggal 8 September, hingga tulisan ini di-upload, keempat film tersebut masih mendominasi layar bioskop. Semoga masih akan berkibar sampai pekan ke-3!
Dari segi pencapaian penonton, 'Darah Garuda' karya Yadi Sugandi & Connor Allyn mengklaim telah mencapai 700.000 penonton dalam 1 minggu penayangannya (via @detikhot). Sementara film 'Sang Pencerah' karya sutradara Hanung Bramantyo sampai hari ke-12, berhasil meraih 617.000 penonton (dari tweet official account @hanungbramantyo).

Memasuki pekan ke-3 bulan September, layar bioskop akan kembali diisi dengan karya sutradara misterius, Nayato, sekaligus dengan 2 filmnya pada tanggal 23 September 2010. Tercatat 'Pengantin Pantai Biru' dan 'Pocong Jumat Kliwon' akan ikut meramaikan persaingan di layar. Film ini merupakan film ke 9 dan 10 Nayato di tahun ini. Sungguh suatu eksistensi yang amat sangat produktif.

Kedua jenis film ini seolah meneruskan genre sejenis yang sudah 'terlalu terbiasa' dan sudah terlalu banyak menuai kontroversi. Namun ternyata sampai lewat medio 2010, film jenis 'seragam' ini masih diproduksi. Tinggal kebijakan penonton dalam mengambil keputusan, apakah tetap akan menonton film ini.

Di hari terakhir bulan ini, tepatnya 30 September 2010, akan dirilis karya terbaru Monty Tiwa dengan genre perang-komedi, 'Laskar Pemimpi'. Merupakan film perdana Project Pop dalam formasi lengkap, dan film terakhir yang dibintangi Shanty sebelum mundur dari industri dunia hiburan Agustus 2010 ini.

7 film yang dirilis bulan September, 7 genre yang berbeda. Siapa yang keluar sebagai pemenang?
Perkiraan sementara, 'Sang Pencerah' dan 'Darah Garuda' masih berebut menjadi yang paling box office tahun ini. Karena sepanjang Januari-Juli 2010, pencapaian terbesar baru diangka 500ribuan penonton yang diraih film '18+'.

September bisa jadi bulan Film Box Office 2010.
Siapa pemenangnya? Masih ada waktu untuk menunggu hasil akhir.



Tetap cintai film Indonesia dulu, kini & nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Film Indonesia

Kami Kirimkan Posting Terbaru Melalui Email Anda:

Website Resmi OfficialfilmIndonesia.com