Jumat, 06 Agustus 2010

Pooling Film Paling Berkesan 2010 (so far - semester 1)

'RUMAH DARA' - unggul dari awal.


Akun twitter media apresiasi Film Indonesia yang difollow sudah lebih dari 5,000 pecinta film Indonesia, telah mengadakan pooling di blog ini selama periode: 31 Juli - 6 Agustus 2010.

Sebelumnya sudah dilakukan tweet yang menanyakan dari 50 judul film naik layar dari 1 Januari - 31 Juli 2010, apa saja film yang paling berkesan bagai pecinta film Indonesia. Jawaban yang muncul mengarah pada 7 judul film yang kemudian di-vote kembali oleh para penonton blog, melalui mekanisme otomatis vote hanya melalui blog ini.

Akun twitter @film_Indonesia memang sudah mulai sejak 26 Desember 2009, namun untuk blog, ini adalah media apresiasi lanjutan yang terhitung masih baru. Hit pengunjung pun belum sampai 500 'penonton blog'.

Begitu pula dengan vote yang masuk. Tercatat suara yang masuk berasal dari 58 voters yang boleh menyuarakan lebih dari 1 pilihan. Sehingga total suara yang masuk adalah 97 suara. Dan hasilnya 47% voters memilih 'Rumah Dara' sebagai film paling berkesan 2010 so far. Atau setara dengan 28% dari total suara terkumpul.

Berikut adalah urutan hasil pooling FILM PALING BERKESAN 2010 (so far - first semester) - % setiap film adalah dari 58 voters

1. Rumah Dara (22 Januari 2010) - Mo Brothers
47%
Genre slasher yang terbilang baru di layar film Indonesia ternyata memikat pecinta film Indonesia. Tagline 'enak kaan' benar-benar mengisi timeline twitter pada masa tayang film ini. Pun kemudian menjadikan film ini trendsetter bagi film 'slasher-slasheran' yang dirilis setelahnya.

2. Hari Untuk Amanda (7 Januari 2010) - Angga Dwimas Sasongko
29%
Cinta segitiga di awal tahun ini ternyata benar-benar meninggalkan kesan mendalam bagi pecinta film Indonesia. Arahan sang sutradara pada permainan akting aktor & aktrisnya mampu membuat penonton merasakan 'cinta lama bersemi kembali' ini. Merasa senasib mungkin?

3. ditempati oleh 2 film:

a. Alangkah Lucunya Negeri Ini (15 April 2010) - Deddy Mizwar
24%
Film yang sarat pesan moral yang disampaikan dengan cara unik melalui dunia yang tidak biasa. Mendidik komplotan pencuri cilik me-manage keuangannya untuk kemudian dijadikan modal usaha. Apakah misinya berhasil? Yang pasti film ini berkesan bagi pecinta film Indonesia. Bravo!

b. Minggu Pagi di Victoria Park (10 Juni 2010) - Lola Amaria
24%
Tema yang kuat, akting yang mumpuni, visual yang menarik sudah bisa dipastikan ini adalah film yang berkesan di tahun 2010 ini. Keberanian produser mewujudkan ide luar biasa ini patut diapresiasi pecinta film Indonesia, sehingga kita dapat menyaksikan karya yang indah dan komplit ini.

4. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta (1 July 2010) - Benni Setiawan
17%
Kembali bercerita mengenai cinta segitiga. Kisah tentang gejolak 3 hati dari 2 dunia berbeda, baik agama, budaya dan tingkat sosial, untuk yang memperebutkan 1 cinta pria sastrawan keturunan Arab pecinta karya WS Rendra. Siapa yang berhasil? Yang pasti unsur kekeluargaan dan celoteh singkat yang lucu menghiasi sepanjang film ini. Berkesan.

5. Tanah Air Beta (17 Juni 2010) - Ari Sihasale
16%
Setting yang tidak biasa bagi mata pecinta film Indonesia tentu menjadi suatu kesan yang tak terlupakan. Kering, gersang, namun banyak kisah yang dapat diceritakan. Salah satunya perpisahan kakak beradik karena 'perpisahan negara' menjadi tema yang menarik untuk disimak. Kepolosan akting pemain mudanya juga makin menguatkan film ini. Patut diingat juga keberhasilan 'make over' aktris Alexandra Gottardo yang biasa terlihat caktik dan glamor, di film ini menjadi amat sangat.... (anda punya kesan tersendiri bukan?) luar biasa!

6. Menebus Impian (15 April 2010) - Hanung Bramantyo
10%
Tema semangat meraih impian dibalut dengan keindahkan visual tempat yang biasa menjadi luar biasa saat ditonton di layar lebar menjadi kesan tersendiri bagi pecinta film Indonesia. Area MLM yang dijadikan media pencapai keberhasilan juga sesuatu yang tidak biasa. Menarik.


Dari 97 total suara yang masuk. Proporsinya adalah:
1. Rumah Dara - 28%
2. Hari Untuk Amanda - 18%
3. Alangkah Lucunya Negeri Ini - 14%
4. Minggu Pagi di Victoria Park - 14%
5. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta - 10%
6. Tanah Air Beta - 9%
7. Menebus Impian - 6%


Pooling apapun mungkin tidak 100% akan memberikan jawaban paling memuaskan. Namun demikian gambaran umum film Indonesia yang berkesan sepanjang semester pertama 2010 ini. 50 judul film, beberapa tentu meninggalkan kesan yang mendalam di hati pecinta film Indonesia. Semoga di semester akhir 2010, akan ada pilihan yang lebih menarik, lebih berkesan. Awal 2011, kembali akan diadakan pooling film paling berkesan 2010. Sampai jumpa. Selanjutnya akan ada pooling aktor & aktris paling berkesan 2010. Ayo vote!

Selamat untuk 'Rumah Dara'. Enakk kaan...jadi yang paling berkesan :)


- Tetap cintai film Indonesia dulu, kini dan nanti -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Film Indonesia

Kami Kirimkan Posting Terbaru Melalui Email Anda:

Website Resmi OfficialfilmIndonesia.com